Kamis, 28 Agustus 2008

Euforia Barack Obama

Barusan nonton pidato-nya barack obama, salah satu kandidat calon presiden amrik dr partai demokrat. Sebelumnya sempat penasaran dg sosoknya yg akhir2 ini banyak menjadi perbincangan di seluruh penjuru dunia. Bahkan menurut aku saat ini sudah terjadi demam obama dan euforia thd calon presiden kulit hitam ini.

Melihat fisiknya, gayanya dan tutur katanya dlm menyampaikan orasi di puluhan ribu simpatisannya membuat bulu kudukku berdiri. Secerca asa sempat terlintas di otakku ttg amerika. Mungkin, ini adalah lahirnya amerika baru, tanpa perang, tanpa over kekuasaan, tanpa dominan insting yg hanya akan merugikan negara2 lain.

Cerdas. hanya itu yang bisa kutangkap dr sosok barack obama. Dengan usianya yg masih tergolong muda, tingkat intelektual yg tinggi, dan sedikit wajah "komersil" alias agak seleb2 gitu sangat wajar kalo dia menjadi kandidat paling berpengaruh saat ini. Bahkan, baru kali ini orang kulit hitam maju di kancah politik sekelas USA gitu loh.

Melesatnya kepopuleran obama tidak lepas dr banyaknya dukungan dr seluruh warga amerika. Dan ini membuktikan bahwa sebenarnya masyarakat amerika sendiri sudah bosan dg era kepemimpinan ala diktator jaman Bush cs. Masyarakat menginginkan perubahan. Perubahan mendasar yg lebih baik tentunya. Perang dan kekuasaan tanpa batas selama ini hanya menjadi tujuan para elit politik saja.

Hati nurani sesungguhnya tak demikian adanya. Obama berhasil mengakomodir semua keluh kesah masyarakat amerika menjadi sebuah janji-janji yg ia serukan dlm setiap orasinya. Gaya berorasi yang santun, sederhana, namun mencerminkan obama yg cerdas mampu membius hampir keseluruhan masyarakat amerika.

Memperbaiki sistem pendidikan yg ada, menghapus perang, meminimalisasikan upaya impor (merebut paksa ????) minyak dr timur tengah, dan bla bla bla disampaikannya dengan penuh percaya diri dan meyakinkan.

Wow ! obama oh obama...sosok cerdas yg ternyata nih juga pernah sekolah SD di Indonesia loh, semoga kejujuran dan loyalitas yg tinggi terhadap negara dan juga peradaban dunia bisa membawa perubahan bagi bumi ini. Mengingat amerika adalah negara adikuasa, tak semestinya menjadi musuh bagi negara-negara lain.

Aku, yg jelata, yg tak tau apa-apa tentang obama, berharap perdamaian dapat tercipta di bumi ini. Tak ada lagi perang di timur-tengah, tak ada lagi diktator politik...kadangkala teori dan sistem memang penting, tapi hati nurani harusnya tak mati terlindas kepentingan jabatan sesaat...
apakah yakin obama akan menang dlm pemilu kali ini ??? Who knows...bagaimanapun politik tak ubahnya telapak tangan yg begitu mudahnya dibolak-balikkan...

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Terlepas dari pro kontra, suka dan tidak suka, saya paling "ngeh" sama pemilu amerika kali ini. Para calon dari demokrat: Hillary adalah perempuan pertama yang (kalau menang) bisa jadi presiden perempuan pertama di Amerika (huh... Amerika yang katanya sudah menjunjung tinggi kesetaraan jender ternyata belum pernah punya presiden perempuan). Obama (kalau menang) adalah kulit hitam pertama yang jadi presiden Amerika (huh... Amerika yang katanya anti rasialis ternyata perlu waktu sangat panjang untuk menerima seorang kulit berwarna untuk maju ke depan)...
Haiyyah...

fien prasetyo mengatakan...

sdkit subyektif sy menilai obama dibanding kandidat yg lain, krn dia ckup istimewa dan sdikit berbeda..selebihnya siapapun yg menang sy hanya berharap perdamaian di dunia khususnya di timur-tengah..salam kenal Unt andy mse..

Multama Nazri mengatakan...

siapapun yang terpilih semoga amerika menempatkan posisi di dunia sebagai negara maju yang punya adab dan harga diri...bukan negara adidaya dan kuasa yang tak bermoral dan tidak punya sedikit hati nurani.....

fien prasetyo mengatakan...

iya, setujuh